Kamis, 04 Desember 2008

Welcome to my city..

selamat datang di kota sejuk..wonosobo..yg ASRI(Aman Sehat Rapih Indah)
bila anda mau berkunjung ke wonosobo jangan lupa ya bawa baju tebal atau lebih kerennya jacket..hehehe..


Taman Plaza Wonosobo




inilah lambang Kepemerintahan kota kabupaten wonosobo


welcome to wonosobo...



Nama Dieng berasal dari bahasa Sansekerta yaitu "Di" yang berarti "tempat yang tinggi" atau "gunung" dan "Hyang" dari kata khayangan yang artinya tempat para dewa dewi. Maka Dieng berarti daerah pegunungan dimana para dewa dan dewi bersemayam.
Dieng merupakan sebuah desa di wilayah kecamatan Kejajar dan berbatasan dengan kabupaten Banjarnegara.
Kawasan ini terletak sekitar 26 km di sebelah utara kota Wono- sobo. Jalannya berbelok-belok dan menanjak.



Namun harap hati-hati sebab banyak terdapat jurang dan tikungan tajam.
Dengan kondisi seperti ini, pastikan kendaraan anda dalam keadaan baik. Dianjurkan anda tidak menggunakan kendaraan yang terlalu besar, cukup micro bus atau yang lebih kecil. Jika anda datang dengan bis besar, anda dapat memarkir bis anda di seputaran lapangan kota Wonosobo dan kemudian menyewa beberapa micro bis trayek Wonosobo-Dieng. Di sudut selatan lapangan kota terdapat pusat informasi bagi wisatawan dimana anda dapat meminta informasi lanjut.





Di kawasan itu memang banyak terdapat kawah aktif. Dari kejauhan, kawasan Dieng tampak seperti puncak gunung yang patah sehingga menyisakan dataran dengan banyak kawah. Itulah sebabnya Dieng dinamai dengan plateau yang berarti dataran di atas pegunungan.
Kawasan dataran tinggi Dieng merupakan salah satu kawasan pariwisata andalan kabupaten Wonosobo.
Obyek wisatanya bukan semata dataran tinggi itu sendiri, namun di area itu terdapat berbagai obyek wisata berupa obyek-obyek wisata alam dan budaya berupa paninggalan masa lampau.













Terhampar luas di lereng gunung Sindoro, dengan ketinggian 1200 - 2000 m di atas permukaan laut. Suhu udara antara 15'-24' C. PT Tambi mengelola 3 unit perkebunan teh yang terletak di desa Bedakah, Tanjungsari serta desa Tambi dengan luas area mencapai 829 Ha yang dilengkapi fasilitas pondok wisata, Kolam Pemancingan, Lapangan Tenis, Taman Bermain, Kebun dan Pabrik Teh.











telaga menjer adalah Merupakan telaga alami terluas di Kabupaten Wonosobo, berada pada ketinggian 1300 M di atas permukaan laut dengan luas 70 hektar dan kedalaman air mencapai 45 meter. Telaga Menjer terletak di desa Maron kec. Garung 12 Km sebelah utara kota Wonosobo.




Sebelum tiba di Dataran Tinggi Dieng, sejenak kita dapat melepas lelah di Gardu Pandang Tieng, dengan ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut. Dari gardu pandang ini anda dapat melihat pemandangan yang sangat indah. Asalkan tidak mendung, dari tempat ini anda dapat menyaksikan matahari terbit dengan warna jingga keemasan dan istilahnya "Golden Sun Rise"






tuk bimolukar Adalah sebuah mata air dengan pancuran yang terbuat dari batu purba. Nama Bimalukar berasal dari kisah bahwa Sang Bhima Sena melukar (melepas) pakaiannya untuk disucikan. Inilah mata air sungai Serayu yang cukup terkenal itu dan diyakini dapat menjadikan orang awet muda.


di Kelurahan Selomerto, lebih kurang 6 Km dari sebelah selatan kota Wonosobo. Kebun Karang Gantung adalah bambu yang cukup luas dengan latar belakan batu tua yang sangat unik dan dikenal dengan nama Watu Tedeng.



1 komentar:

Mariana mengatakan...

wah terlihat menarik =D bagus banget daerahnya. jadi pengen kesana. wonosobo ya? hmm..boleh juga.